Selasa, 24 November 2009

CARA MENGHILANGKAN VARISES DI KAKI

 
Varises, ada yang terkena varises?? Nah, sekarang Aku mau berbagi tips bagaimana agar Anda terbebas dari yang namanya varises. Sebelumnya, bagi yang ga tau, varises atau pembuluh darah yang biasanya berwarna kebiru-biruan yang tampak di bawah permukaan kulit yang biasanya terlihat pada bagian betis. Mudah lelah dan nyeri adalah dampak yang timbul akibat varises ini. Kenapa varises bisa terjadi? Biasa dikarenakan otot kaki yang terlalu tegang dan mengakibatkan pembengkakan pada pembuluh darah, olah raga dengan tidak melakukan pemanasan dan peregangan otot juga dapat mengakibatkan varises.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah agar Anda bebas dari verises, silakan disimak;
  • Lebih baik jika Anda tidak menyilangkan kaki ketika duduk dan jagalah berat badan agar tetap ideal.
  • Kalo bisa jangan berdiri terlalu lama. Kalaupun memang diharuskan berdiri lama, Anda bisa menopang tubuh dengan satu kaki dan bergantian. 
  • Sebisa mungkin agar menghindari penggunaan kaos kaki atau stocking yang terlalu ketat
  • Kurangi mengkonsumsi garam. Perbanyaklah makan makanan berserat tingi, seperti kacang, buah-buahan, gandum dan sayuran.
  • Berjalan kaki secara teratur juga bisa dijadikan sarana olah raga untuk menghilangkan varises.
  • Sambil duduk, olah raga tubuh bisa juga dilakukan dengan cara memutar pergelangan kaki searah yang berlawan arah jarum jam agar sendi tidak menegang.
  • Lepas sepatu saat Anda bekerja dibelakang meja dan usahakan agar telapak kaki sejajar dengan lantai.
  • Sebelum tidur, angkat kedua kaki tertumpu pada dinding untuk melancarkan peredaran darah pada betis.
 Ada 3 cara lain  yang dapat diterapkan sendiri-sendiri ataupun bersamaan, yaitu:

1.  Tanpa Pembedaan

Perawatan tanpa pembedahan memakai balutan elastik dari ujung kaki sampai paha dengan maksud memberikan penekanan yang merata untuk membantu aliran darah vena. Hasilnya kan tambah baik bila banyak berjalan. Terutama pada varises waktu hamil, cara ini paling baik. Pemakaian kaos kaki elastik akan memberikan penekanan yang merata dan mudah diganti.


2.  Dengan  Pembedahan


Pembedahan pada varises terdiri dari pengikatan dan pemotongan vena yang mengalami varises. Mobilisasi dan berjalan tanpa menekuk lutut dimulai sehari setelah operasi. Pada varises dengan koreng, tindakan pembedahan lebih baik dari tanpa pembedahan.


3. Dengan suntikan sklerotik

Penyuntikan bahan sklerotik dianjurkan bila tidak mau operasi atau bila varisesnya sedikit. Bahan suntikan yan dipakai akan membuat vena yang bersangkutan teroblitrasi. Suntikan pada varisesdilakukan tidak lebih dari enam tempat pada sekali perawatan. Yang perlu diingat adalah tidak pada semua varises dapat dilakukan penyuntikan obat sklerotik.

Nah, itu mungkin cara yang cukup mudah menghilangkan varises.

1 komentar:

  1. KLO LBH BAIK, DICANTUMKAN BIAYA PENGOBATANNYA!!!!!!!??????

    BalasHapus